-->

Ayam Kalkun Blue Slate

Salah satu jenis ayam kalkun yang belum lama masuk ke Indonesia adalah kalkun blue slate. Kalun ini masuk ke Indonesia di tahun 2017 yang dipesan oleh pecinta ayam kalkun melalui importir ayam hias. Harga kalkun blue slate import saat itu tentu sangat mahal, mencapai 20 juta perpasang. Hal ini disebabkan mahalnya bea import mengingat ayam kalkun adalah unggas besar yang memerlukan packing besar.



Kalkun blue-slate berasal dari Amerika yang merupakan kalkun warisan yang hanya dikembangkan oleh beberapa peternak kecil. Mereka tidak dikembangkan oleh peternakan besar untuk kalkun pedaging. Karenanya populasi semakin berkurang sehingga terdaftar sebagai sangat terancam punah oleh American Livestock Breeds Conservancy.

Varian blue slate sendiri ada beberapa macam, dilihat dari warna dan bercak dibulunya. Untuk warna yang lebih terang biasa di sebut dengan Kalkun Lavender, sedangkan yang lebih gelap biasa disebut blue slate. Blue pada unggas sendiri bukanlah biru namun lebih ke warna abu-abu.

Budidaya Kalkun Blue Slate 

Saat pertama kali masuk ke Indonesia kalkun blue slate dikembangkan di Magelang, Jogja dan Ngawi oleh beberapa peternak ayam kalkun. Pada saat itu anakan kalkun blue slate dijual seharga anakan merak biru yang mencapai 2-3 juta per ekor. Hingga pada 2018 dan 2019 ini harga ayam kalkun blue slate masih bertahan lumayan. Hal ini dikarenakan sulitnya budidaya kalkun blue yang tidak seperti jenis lainnya.

Anakan kalkun abu-abu hanya dapat dihasilkan dari indukan asli antara kalkun Blue-slate dengan Blue. Jika anda mencoba menyilangkan antara kalkun blue slate dengan black spanish misalnya, anda tidak akan mendapatkan anakan kalkun blue. Jadi anda harus benar-benar memiliki sepasang indukan blue-slate untuk mendapatkan anakan kalkun blue slate.



Karena itu populasi di Indonesia hingga sekarang belum begitu banyak. Harga kalkun blue yang masih relatif tinggi rata-rata belum terjangkau untuk pecinta ayam kalkun kebanyakan. Harga indukan kalkun blue slate masih berkisar 5-7 juta perpasang. Sedangkan harga jual anakan kalkun blue (DOT) masih berkisar 750 ribu hingga 1 juta perekor.

Jual Ayam Kalkun Blue Slate

Bursa ayam hias Indonesia menjual ayam kalkun jenis blue slate mulai anakan hingga indukan. Untuk DOT atau Daily Old Turkey sebutan untuk anakan kalkun yang baru netas kami jual 750 ribu per ekor. Sedangkan untuk kalkun blue remaja kami jual 5 juta perpasang. Untuk telur kalkun blue slate kami tidak menjualnya.

Bursa ayam hias Indonesia menjual kalkun jenis blueslate dan siap melayani pengiriman seluruh Indonesia. Untuk sepasang indukan kalkun blue seharga 7 juta rupiah free ongkir seluruh Pulau Jawa.



Kalkun Hias

Blue slate turkey atau kalkun blue slate masih masuk kategori kalkun hias yang banyak diminati pecinta ayam hias. Dengan harga yang masih mahal karena populasinya yang masih langka belum ada arah untuk blue slate dikembangkan sebagai kalkun pedaging. Seperti halnya jenis kalkun Black spanish, Red Bourbon dan Royal Palm yang tetap exist sebagai hewan peliharaan kelangenan atau kesayangan.

Karena itu, budidaya kalkun blue masih sangat menguntungkan. Dengan makanan dan perawatan yang sama dengan jenis ayam kalkun lainnya, harga jual kalkun blue slate masih lebih tinggi.

Pengiriman Ayam Kalkun Blue-Slate

Untuk kota besar yang dilewati kereta api seperti Jakarta, Bandung, Cikampek, Tasik, Bekasi, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Jogja, Solo, Ngawi, Kediri, Malang, Surabaya, Jember, dan Banyuwangi dapat menggunakan ekspedisi hewan Kereta api. Ekspedisi Ki8, Kib, Herona, KA-Log, LNP dan sebagainya adalah contoh jasa kirim yang bisa dititipi hewan.

Sedangkan untuk kota dalam pulau jawa dan sumatra yang tidak terjangkau kereta api menggunakan jasa kirim Bus atau travel. Kota Kudus, Tegal, Puwokerto, Tangerang, Bogor, Serang, Cilegon, Banten, Lampung dan palembang dapat menggunakan jasa Bus.

Untuk luar pulau seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dapat menggunakan ekpedisi Cargo pesawat. Kota-kota seperti Aceh, Medan, Batam, Pekan Baru, Pontianak, Palangkaraya, Balikpapan, Banjarmasin, Makasar, Palu, Kendari, Manado, Bitung, Belitung, Pangkal Pinang dan sebagainya menggunakan jasa cargo Lion, Garuda atau City Link.

Perlu diperhatikan bahwa sistem pengiriman hewan adalah Port to Port dimana pembeli harus langsung mengambil di Stasiun, atau Bandara.

Garansi Pengiriman

Garansi ayam kalkun yang dipesan anda terima dalam keadaan baik, hidup dan sehat. Garansi 100% uang kembali jika terjadi kasus kematian di jalan.

Pesan segera produk Ayam Kalkun Blue Slate dengan menghubungi admin Bursa Ayam Hias Indonesia melalui WhatsApp atau SMS / Telepon pada tombol "ORDER NOW" di sebelah. Barang akan kami kirim setelah proses transaksi selesai.

0 Response to "Ayam Kalkun Blue Slate"

Post a Comment